Perjalanan Shilva

Kamis, 03 Juni 2010

Lima Bola Kehidupan

Bisa anda bayangkan bahwa kehidupan sebagai suatu permainan ketangkasan,dan kita harus memainkan keseimbangan lima buah bola yang dilemparkan ke udara. Bola-bola itu adalah pekerjaan, keluarga, Kesehatan,  teman, dan spirit, bagaimana caranya supaya kita bisa menjaga kelima bola tersebut agar seimbang di udara...
Kita akan segera mengerti bahwa ternyata "pekerjaan" hanyalah sebuah bola karet. Jika kita menjatuhkannya ia akan dapat memantul kembali. Tetapi empat bola lainnya yaitu keluarga, kesehatan, teman dan spirit terbuat dari gelas, dan jika kita menjatuhkan salah satunya maka ia akan terluka, tertandai, tergores, rusak, bahkan hancur berkeping-keping. Dan ingatlah mereka tidak akan pernah kembali dalam bentuk aslinya. Kita hsrus emahami benar dan berusaha kers untuk menyeimbangkannya.
Bagaimana caranya????
Kita jangan rusak nilai kita dengan cara membandingkannya dengan nilai orang lain, Perbedaan yang diciptakan untuk membuat masing-masing kita unik dan special. Jangan menganggap remeh sesuatu yang dekat di hati kita, melekatlah padanya seakan-akan ia adalah bagian yang membuat kita hidup, karena tanpanya hidup kita menjadi kurang berarti, jangan biarkan hidup kitaterpuruk dimasa lampau, atau dalam mimpi masa depan.
Suatu hari hidup pada suatu hari berarti hidup untuk seluruh waktu hidupmu, hiduplah secara konkret hari ini dengan landasan masalalu demi mencapai masa depan yang lebih bagus. Janganlah menyerah ketika masih ada sesuatu yang dapat kita berikan, tidak ada yang benar-benar kalah sampai kita berhenti berusaha, Janganlah takut mengakui bahwa diri kita tidaklah sempurna. Ketidaksempurnaan inilah yang merupakan sulaman benang rapuh untuk mengikat kita satu sama lan,,jangan takut mengambil resiko, anggaplah resiko sebagai kesempatan untuk kita belajar bagaimanamenjadi berani.
Jangan berusaha untuk mengunci cinta dalam hidupmu dengan berkata "tidak mungkin saya temukan" cara tercepat untuk mendapatkan cinta adalah dengan memberinya, dan cara terbaik untuk menjaga agar cinta tetap tumbuh adalah engan memberinya "sayap". Jangan lupa bahwa kebutuhan emosi terbesar dari sesorang adalah kebutuhan untuk merasa dihargai.
Jangan takut untuk belajar sesuatu, ilmu pengetahuan adalah harta karun yang selalu dapat kita bawa kemanapun tanpa membebani kita bahwa kemanapun tanpa membebani kita. Dan akhirnya, MASA LALU dan SEJARAH, MASA DEPAN adalah MISTERI dan SAAT INI adalah KARUNIA yang mesti disyukuri.Itulah sebabnya bahasa inggris menyebut saat ini dengan "the present" ( yang bisa juga berarti hadiah atau pemberian) jadi bukalah hatimu untuk menerima the present bebaskan dirimu dari ketakuan, hiduplah dengan sederhana berilah yang banyak tanpa merasa kehilangan atau berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar