Perjalanan Shilva

Minggu, 03 Juli 2011

International Plastic Bag Free Day



Sudah dua tahun Tanggal 3 Juli  ditetapkan sebagai INTERNATIONAL PASTIC BAG FREE DAY wah, ternyata tanggal 3 Juli ini bukan seperti tanggal biasa ya.. Baru saja kami dari komunitas "Diet Kantong Plasting" yaitu gabungan dari anggota Greeneration Indonesia, Walhi Jawa Barat, dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Universitas Padjadjaran (UNPAD) khususnya Divisi Social Responsibility, kita mengirimkan Mbarep Desto e!08, Putri Prihantiani e!09, Shilva Ayu Lestari e!09, Arianne Syafitri e!09 dan Putra Persada Pabendon e!10, disana kami mengadakan sebuah mobilisasi di acara Car Free Day kota Bandung yang berpusat di Depan pusat perbelanjaan Bandung Indah Plaza (BIP) kami mengadakan acara tersebut dari mulai pukul 07.00 pagi sampai 11.00 siang...kami menghadirkan musik-musik berupa tabuhan gendang, berbagai drama, himbauan, pemberian kantong belanja pakai ulang, intinya memperkenalkan bahaya kantong plastik dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembatasan pemakaian kantong plasti (Diet Kantong Plastk).
Seperti yang kita ketahui Kantong plastik (kresek) dengan seperak harganya, seratus kegunaannya, sejuta permasalahannya, semilyar penggunanya, dan setriliun kerugian-kerugian yang ditimbulkannya akibat penggunaannya. Sebagai konsumen yang cukup sering menggunakan kantong plastik, kita tidak pernah memikirkan tentang kantong plastik. Berasal darimanakah kantong plastik? dibuat dari apakah kantong plastik? amankah untuk digunakan? kemanakah setelah digunakan? dan apa dampaknya bagi tempat tinggal kita (bumi) ? pertanyaan-pertanyaan tersebut terdengar sepele, namun itu perlu untuk kita ketahui. Ditengah percepatan pertumbuhan ekonomi negara-negara di Dunia. Orang-orang menggunakan plastik untuk membungkus barang yang dibeli dalam jumlah banyak. Diperkirakan tiap tahun 500 milyar hingga 1 ton triliun kantong plastik digunakan di seluruh dunia. Bandingkan dengan jumlah penduduk di Duniapada tahun 2010 menurut Biro Sensus Amerka Serikat yang hanya 6,8 milyar.
Secara umum, ternyata manusia sekarang hidup terlalu boros dalam penggunaan produk yang berasal dari minyak bumi ini. Hal ini tidak terlepas dari kejayaan teknologi yang berhasil menciptakan produk olahan zat imia ini, produk ini bersifat kuat, elastik, tahan lama dan sangat murah. Namun ketika produk ini dibuang/dikubur ke tanah butuh waktu ratusan atau bahkan ribuan tahun untuk bisa terurai dalam tanah. Tak heran jika kita melihat banyak kantong plastik yang berserakan di Lingkungan tempat tinggal kita. Saat berbicara solusi kita hampir tidak menemukannya karena mentok di masalah biaya produksi. Tidak akan ada lagi air mineral dalam kemasan, makanan ringan, dan produk-produk sajian dalam kemasan yang sangat sering dikonsumsi dan dibutuhkan oleh masyarakat, dalam harga MURAH. Kantong plastik degradable yang saat ini sedang tren di seluruh retailer dengan harga 100-500 persen lebih mahal dari kantong plastik konvensional.
Disamping kontroversinya yang katanya dapat terdegradasi 8 minggu (berbahan organik) dan 2 tahun (berbahan oxi*m), namun sebenarnya plastik-plastik tersebut tidak akan bisa terurai sempurna dan masih meninggalkan sisa-sisa zat kimia dari kantong plastik pada umumnya. Terjadilah kesalahpahaman terhadap masyarakat tentang produk yang katanya "green/eco" itu justru itu membuat masyarakat semakin tidak sadar menggunakannya dan tetap mengonsumsinya secara tidak bijak dan menyampah. Pada akhirnya ini bukan salah siapa-siapa, tetapi ini tantangan buat kita semua untuk menyelesaikannya secara bersama-sama. Sekali lagi saya tuliskan beberapa poin yang perlu pembaca ketahui tentang kantong plastik di dunia :

1). Jika dikubur kantong plastik membutuhkan waktu 500-1000 tahun untuk bisaterurai di dalam tanah.

2). Jika dibakar, sampah kantong plastik menghasilkan asap beacun yangberbahaya.

3). Jika sampah kantong plastik di seluruh dunia dibentangkan maka akan dapatmembungkus bumi 10 kali lipat!!

4). Ternyata kantong plastik yang selalu kita pakai mengandungzat karsinogenberbahaya karena berasal dari proses daur ulang yang diragukan kebersihannya.

Itulah hal-hal baru yang baru saya dapatkan dari kegiatan INTERNATIONAL PLASTIC BAG FREE DAY hari ini,semoga bermanfaat bagi pembaca dan mulailah dari sekarang untuk berpartisipasi aktif DIET KANTONG PLASTIK, daripada mengutuk kegelapan, mari kita menyalakan terang untuk kehidupan kita yang lebih baik.

1 komentar:

  1. iseng iseng lagi blog walking.... eh masuk kesini, kaya yang kenal yang punya blog nya :)

    BalasHapus